Ini Dia Penyebab Kantuk di Pagi Hari


Apakah Anda masih harus berjuang menahan kantuk di pagi hari, meskipun sudah terpenuhi waktu tidur 8 jam? Kadang-kadang beberapa orang selalu merasa mengantuk. Ini bisa terjadi karena kelelahan di siang hari, stres, atau emosi yang kurang terkontrol dengan baik.

Lalu, bagaimana dengan Anda yang hanya duduk sepanjang hari di kantor, tapi hari berikutnya masih tidak bisa bangun dengan badan segar? Padahal, tidak banyak kegiatan fisik yang dilakukan. Ini berarti ada kesalahan yang terjadi dalam mekanisme tubuh Anda.

Seperti dalam laporan iVillage, kekurangan zat besi adalah faktor pemicu kantuk di pagi hari. Kebanyakan wanita yang mengalami kekurangan zat besi dalam tubuhnya. Di Inggris, 91% wanita dengan rentang usia 16 – 64 tahun mengalami kekurangan zat besi karena program diet yang mereka jalankan.

Kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan dan penurunan kemampuan serta konsentrasi. Grafik ini akan terus meningkat pada sore hari. Untuk menyeimbangkan kadar besi, kadang-kadang Anda bisa mengubah makan malam dengan menu stik, misalnya. Ada banyak cara untuk tetap bisa fit. Berikut ini saran-saran dari Oliver Gray, pendiri Energise You, sebuah perusahaan di bidang kesehatan. Melalui beberapa saran berikut ini, kita bisa memulihkan energi di pagi hari.

Untuk menu makan siang dan makan malam, konsumsilah dengan porsi seperti biasanya. Hanya saja, tambahkan makanan kecil atau snack di pertengahan pagi dan sore sebagai energi tambahan. Sarapan hanya sebagai energi yang cukup sampai pertengahan siang, tidak sampai siang hari saatnya kita isi kembali dengan makan siang. 

Pada menu makanan, suka atau tidak, Anda harus menyisipkan sumber karbohidrat, seperti buah-buahan, sayuran, cokelat, dan sumber protein. Makanan yang tinggi lemak juga dapat meningkatkan energi, tapi pilihlah lemak yang baik seperti ikan, kacang, atau minyak zaitun pada salad dan aduklah. 

Jika biasanya hanya makan sayur dan buah dalam porsi kecil, mulai sekarang harus ditambahkan porsinya. 

Kurangnya air dalam tubuh bisa memicu kantung dan kelelahan. Air dibutuhkan untuk penyerapan makanan dalam tubuh, maka penuhi kebutuhan air dengan meminumnya 1 – 2 liter per hari. 

Tambahkan suplemen zat besi, jika Anda merasa masih kurang. Juga vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. Tambahan suplemen zat besi dalam bentuk tablet atau cairan tidak akan menyebabkan gangguan di perut.



sumber

No comments:

Post a Comment

Popular Post